Sudah menjadi rahasia umum bahwa Facebook adalah jawara jejaring sosial di dunia maya. Namun apakah Anda tahu ternyata banyak sosial media lain yang juga cukup populer di luar sana? Coba simak survey multimedia resmi yang dilansir dari mashable.com (02/06) berikut ini.
FacebookFacebook dengan nama asal The Facebook berdiri tahun 2004 dan kini telah memiliki lebih dari 850 juta pengguna di seluruh dunia. Pendapatan Facebook setidaknya susah mencapai USD 3,7 miliar dan karyawan lebih dari 3000 orang. Adapun saingan Facebook, Google+, masih memiliki 100 juta pengguna saja sampai saat ini.
LinkedinLinkedin adalah sosial media profesional yang dimanfaatkan para pebisnis sejak tahun 2003. Dengan memiliki 150 juta pengguna, Linkedin telah meraup setidaknya USD 522 juta keuntungan dan mempekerjakan 1.797 pegawai. Saingan Linkedin adalah BranchOut, Xing, dan Viadeo yang mungkin hanya beberapa orang tertentu saja yang familiar dengan situs-situs sosial media tersebut.
PinterestAnda suka membagi gambar-gambar menarik Anda melalui Pinterest? Tahukah Anda bahwa Pinterest hanya memiliki 37 pegawai saja sampai saat ini? Meskipun demikian, sudah ada 10,4 juta lebih pengguna yang bergabung dengan Pinterest sejak dirilis tahun 2010. Mengenai saingan, apakah Anda familiar dengan situs serupa yang bernama Fancy?
TwitterSepertinya sosial media yang satu ini sudah merambat naik menyusul kepopuleran Facebook. Dengan 300 juta pengguna sejak dirilis tahun 2006, Twitter setidaknya telah meraup keuntungan USD 145 juta dan memiliki 900 pekerja lebih dengan saingannya yang tak begitu populer, Futubra.
TaggedMirip Facebook namun bertujuan memperkenalkan Anda pada orang-orang baru, Tagged diciptakan tahun 2004 (sama seperti Facebook) akan tetapi penggunanya masih 330 juta saja. Sementara itu keuntungannya mencapai USD 43 juta dan memiliki 150 pegawai tetap. Saingan Tagged? Sebut saja MyYearBook, QuePasa, dan Badoo.
SpotifySpotify adalah sosial media khusus musik sejak tahun 2006 dengan 10 juta pengguna, USD 63,7 juta keuntungan, 533 pegawai, dan bersaing dengan TurnTable dan Rolling.
ForsquareSosial media lokasi yang satu ini cukup populer sejak tercipta tahun 2009, 15 juta pengguna aktif, 100 pekerja, namun tidak dipublikasikan jumlah keuntungannya. Saingan berat Foursquare bernama Loopt, pernah dengar?
RedditReddit adalah sosial media berita sejak tahun 2005 dan mencapai 600.000 pengunjung dan satu juta pengunjung unik setiap harinya. Sementara bersaing dengan Digg, tahukah Anda bahwa sebenarnya Reddit cuma punya... 11 pekerja!
Club PenguinNah kalau yang satu ini adalah sosial media khusus untuk anak-anak yang dirilis tahun 2005 dan sudah memiliki lebih dari 150 juta pengguna. Dengan estimasi keuntungan mencapai USD 50 juta, Club Penguin merekrut 1000 pegawai dan bersaing dengan What's What.
Daripada hanya mengutak-atik Facebook sepanjang hari sampai bosan, mengapa Anda tidak mencoba sosial media lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas?

0 komentar:

Post a Comment

 
Top