JAKARTA - Lupa membawa kartu nama, atau kehabisan karena belum tercetak ulang. Anda tidak perlu pusing, melalui Kwarta, semua akan terbebas dari kerepotan itu. Kwartu merupakan kartu nama digital yang terdiri dari aplikasi bergerak (mobile apps) yang terpasang di perangkat telefon dan website(www.kwartu.com).
 
Tampilan Kwartu tak berbeda dengan kartu nama biasa. Di situ kita bisa temukan nama, jabatan, alamat dan nomor telepon. Istimewanya, selain data-data pokok tersebut. Kwartu menyediakan tautan atau link untuk langsung terhubung ke akun Email, Facebook, Twitter, Linkedin, YouTube, Blog dan lainnya. 
 
Nurmanjaya, penggagas Kwartu mengatakan bahwa ide membuat aplikasi ini datang ketika ia kewalahan mencari kontak dari kartu nama biasa. “Selain itu, sebagai kartu nama bebas kertas, Kwartu sangat selaras dengan semangat pelestarian lingkungan hidup, terutama hutan,” ujar Nurman kepadaOkezone, Kamis (14/2/2013). 

Bukan hanya itu, sambung Nurman, dengan perkembangan gaya hidup masyarakat masa kini, penggunaan kartu nama digital akan lebih mudah dan sedia setiap saat ketimbang kartu nama biasa.
 
Selain data standar seperti nama, alamat dan nomor telefon, Kwartu menyediakan link ke website, blog, social media dan akun-akun pribadi yang lain. “Semua itu dapat diakses hanya dengan sentuhan,” tuturnya.
 
Kwartu sangat personal, sebab pengguna dapat memilih sendiri desain, tata letak, hingga jenis dan warna huruf. Dan semua itu bisa diubah setiap kali Anda menginginkannya.
 
Melalui aplikasi bergerak, orang bisa mendaftar (sign up), mengisi data-data yang akan dicantumkan pada Kwartu, menentukan desain, tata letak (lay-out) maupun jenis dan warna huruf.
 
Hampir semua bagian yang ada pada Kwartu merupakan gerbang menuju link-link tertentu. Bila bagian nama disentuh, akan muncul deretan link ke website, blog, akun social media, dan akun-akun lain yang terkait dengan nama bersangkutan. Demikian juga apabila bagian nomor telepon disentuh, akan muncul dial pad yang siap untuk menyambungkan panggilan telefon ke nama yang bersangkutan. 

Sementara bila bagian alamat email disentuh, akan muncul pilihan email client (misalnya gmail) yang bila disentuh akan menampilkan format email yang siap ditulis dan dikirimkan ke nama yang bersangkutan. Dan, apabila bagian alamat lokasi/domisili disentuh, akan muncul pilihan google maps yang akan menghadirkan peta lokasi dari alamat tersebut.
 
“Apapun yang diubah pada sebuah Kwartu akan diperbaharui seketika (real time) di semua telefon selular yang menyimpannya. Tak ada lagi nomor telepon atau alamat yang kadaluwarsa,” jelas Nurman.
 
Dengan Kwartu, Anda tak akan lagi kehilangan koleksi kartu nama. Apabila telepon selular Anda hilang, hanya dengan sign in semua koleksi Kwartu Anda bisa diakses kembali.  Kwartu dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store. Beragam perkembangan mengenai Kwartu dapat diikuti melalui twitter @Kwartu.
 
Kwartu yang sementara ini hanya tersedia untuk perangkat android dan akan menyusul dalam perangkat smartphone lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top